Selasa, 25 Mei 2010

Facebook sebagai Media Informasi

FACEBOOK SEBAGAI MEDIA INFORMASI


Facebook atau yang biasa disingkat FB merupakan situs web jejaring sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang dibuat oleh Mark Zuckerberg yang merupakan seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League.
Meskipun telah ada beberapa tahun sebelumnya, namun pengguna jejaring sosial di internet ini baru meningkat pesat di Indonesia pada tahun 2008. Peningkatan pesat ini salah satunya dipicu mudahnya penggunaan akses Faacebook menggunakan telepon seluler. Pada 2009 fitur Facebook bahkan menjadi nilai jual tersendiri bagi para produsen telepon seluler yang menjual produknya di Indonesia.
Ada beberapa fakta yang saya dapatkan mengenai jejaring sosial Facebook, diantaranya:
1. Hampir 100 ribu member per hari.
2. Lebih dari 4,1 miliar gambar setiap harinya.
3. Rata-rata orang menghabiskan waktu 20 menit per hari di Facebook.
4. 15 miliar halaman ditampilkan tiap bulannya.
5. Lebih dari 100 aplikasi ditambahkan ke FB setiap harinya.
6. Website ini biasa menampilkan jutaan query di mesin pencari (search engine) setiap hari.
Facebook atau FB dapat juga berguna sebagai media informasi, banyak sekali informasi yang saya pribadi dapatkan, diantaranya:
1. Dapat mengetahui identitas diri dari teman-teman saya.
2. Bisa mengetahui apa saja aktivitas teman-teman saya baik melalui status maupun foto-fotonya.
3. Dapat mengetahui event-event apa saja yang akan ada.
4. Mengetahui siapa saja teman saya yang berulang tahun.
5. Dapat mengetahui informasi terkini tentang komunitas (group) yang saya ikuti.

Sumber : Wikipedia
Majalah Next Gen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar